Nov 27, 2013

GEMAR MAKAN SUSHI MENINGKATKAN RESIKO PENYAKIT JANTUNG

Kalaumendengar kata SUSHI maka secara sepontan bayangan kita langsung pada makanan khas Jepang berupa ikan, udang dsb yang serba mentah. cara makan serba mentah seperti ini diyakini akan lebih sehat karena mengandung sedikit kalori dan tinggi kandungan lemak Omega 3, dengan alasan inilah banyak orang indonesia mulai melirik cara makan seperti ini.


Namun kini kita mulai dibuat ragu dengan adanya hasil penelitian  yang mengungkapkan jika rutin mengkonsumsi sushi maka bisa mengakibatkan anda kena penyakit jantung. hal ini karena tubuh akan terpapar lebih banyak merkuri yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.

ikan mentah diyakini oleh para ilmuan mengandung logam merkuri (tidak semua jenis ikan) hal ini sangat berpotensi mengganggu kesehatan. merkuri merupakan polutan beracun bagi sistem saraf jika dikonsumsi secara berlebihan, merkuri yang terdapat di dalam makanan akan sangat mudah diserap oleh tubuh hal ini membuat manusia sangat rentan terkena dampak negatifnya.

ikan yang mengandung kurang dri 0.29 parts per millon (ppm) diyakini mengandung rendah merkuri, sedangkan ikan yang memiliki ppm diatas 0,3 ppm diyakini memiliki kandungan merkuri yang cukup tinggi. ikan - ikan besar seperti tuna besar, todak, hiu atau makerel dianggap memiliki kandungan merkuri yang cukup tinggi karena ikan jenis ini suka memakan ikan - ikan kecil yang terkontaminasi.

Masih menurut penelitian yang dilakukan oleh Natural Rescourse Defence Council merkuri yang ada pada ikan dapat mengganggu kesuburan dan tekanan darah.disamping itu juga bisa menyebabkan lupa ingantan, tremor, kebutaan. selain ini peningkatan kadar merkuri pada tubuh juga dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.


Study  dilakukan pada lebih dari 1..200 responden tua dan muda oleh Tim peneliti asal Rutgers University setelah data dikumpulkan kemudia data dihitung dengan statistik.

hasilnya adalah bahwa peserta yang tinggi mengasup kalori adalah mereka yang sering mengkonsumsi sushi baik dari restoran maupun kedai sushi lainnya


selain ini peneliti juga menemukan bahwa kebanyakan mereka sangat yakin bahwa dengan mengkonsumsi sushi akan memperpanjang usia mereka, karena fakta mebuktikan bahwa orang jepang rata - rata berumur panjang, kecuali mereka yang bunuh diri. sebagian peserta juga tidak percaya akan hasil penelitian ilmiah bahwa kandungan merkuri pada sushi dapat menggerogoti kesehatan mereka sendiri.

satu lagi study yang dilakukan oleh para ahli dari Ohio State University Wexner Medical Center membuhkan kesimpulan bahwa kadar merkuri yang tinggi akaibat mengkonsumsi sushi dapat menyebabkan terjadnya penyakit jantung , hal ini teradi karena aktifitas enzim yang memicu sumbatan pada dinding pembuluh darah. nah sumbatan inilah yang bisa meningkatkan asam fostat yang dapat merusak sel pembuluh darah yang pada kahirnya akan meningkatkan resiko penyakit jantung

akhirnya lembaga pengawasan makanan dan obat Amerikan (FDA) menarik sebuah kesimpulan bahwa orang dewasa sebaiknya mengkonsumsi dua sajina ikan yang mengandung asam lemak omega 3 setiap minggunaya. tapi khusus untuk wanita hamil dianjurkan untuk mengurangi asupannya  untuk mengurangi resiko kandungan merkuri yang kemungkinan tinggi pada ikan.

pada khirnya semua kembali kepada pengalaman masing - masing, sekalipun yang melakukan penelitan adalah para ilmuan, pada kenyataannya ikan sangat baik bagi kesehatan. mungkin juga ikan - ikan yang ada sekarang ini terkena dampak pencemaran lingkungan sehingga ikanpun bisa menjadi makanan yang berbahaya untuk dikonsumsi. wallauaklam

editor : Along
sumber: http://health.kompas.com/read/2013/11/26/1344139/Doyan.Makan.Sushi.Buruk.Bagi.Jantung.



No comments:

Post a Comment