Jan 22, 2013

INILAH 10 KATA YANG BERAKHIRAN “-AN” BISA BIKIN PERUT KENYANG

sungguh - sungguh terjadi
saya tidak bohong ini benar – benar terjadi di negeri kita, dan saya sangat yakin sebagian dari kita sangat menyukainya dan pernah terlibat langsung pada kegiatannya. Masih pensaran? Oke.. di bawah ini akan saya paparkan beberapa contoh kata – kata yang ber akhiran “-an” yang dapat membuat perut anda kenyang.
  1. YasinanKegiatan paska seorang muslim meninggal, nah setiap kegiatan yasinan selalu ditutup dengan makan
  1. SyukuranSyukuran biasanya diadakan setelah seseorang atau kelompok mencapai / mendapatkan sesuatu yang menyenagkan.. nah acara ini cocok untuk yang laper
  1. TahlilanTahlilan juga begitu.. biasanya diadakan setelah orang ninggal.. tujuannya untuk mendoakan si arwah agar diampuni dosa dan diterima amal2x nya.. penutupnya selalu makanan,, bahkan dibeberapa tempat selalu menyediakan berkat.. yaitu sejebnih oleh – oleh (biasanya makanan)
  1. NikahanKalo yang ini ga usah ditanya.. biasanya yang pulang dari acara nikan selalu dalam keadaan kenyang, saking banyaknya makanan
  1. MantenanSama dengan nikahan
  1. ArisanKalo yang satu ini jangan Tanya, ga seru kalo ga ada makan – makannya.. masak Cuma ngobrol doang? Wong ibu – ibu yang suka ngobrol saja ga tahan kalo ga ada makanannya.
  1. KondanganBiasanya digunakan untuk undangan pernikahan.. yang ini sama dengan nomer 4.
  1. SunatanSunatan juga ga lepas dari acara makan – makan.. di tempatku jogja, ada hal yang luar biasa, ada anak yang disunat, ga tanggung – tanggu pesatanya syukurannyamengalahkan mantenan bayangkan “ 3 hari 3 malam!!!”
  1. AqiqohanKalo ada anak lahir , maka sebagai bentuk syukur diadakanlah acara aqiqohan, nyembelih kambing. 1 ekor untuk anak perempuan dan 2 ekor kalo anaknya laki – laki. Nah kalo udah bicara sembelih menyembelih maka = makan
  1. MaulidanBagi sebgain umat islam yang mengadakan maulidan.. maka acara ini ga akan terbebas dengan makan – makan. mau tahu, di Lombok istilah maulidan lebih ppopuler dengan istilah “MULUTAN” ya itu mulut, makanannya banyak banget, ga percaya? Wong saya ini orang LOMBOK tulen ko.
  1. PengajianPengajan dalam hal ini pengajian syukuran..
Nah .. sudah percaya? Kata –kata diatas akan selalu diiringi dengan makan.. perut kenyang, cocok untuk mereka yang laper. Tapi pesan saya sebaiknya kita mengikuti acara – acara diatas dengan ikhlas, makan dapet, pahala juga dapet.
Oya ada juga lho kata – kata yang berakhiran “an” tapi tidak ada makan padanya, yang ada malah ketakuatan. Mau tau? Nah ini dia
  1. Kuburan
  2. Pemakaman
Apakah dua kegiatan di atas bias bikin anda Kenya? Hehehe pastinya tidak!! Ada – ada saja.

No comments:

Post a Comment